Thursday, December 27, 2012

Kepo dalam bekerja is a must!

Kepo artinya Knowing Every Particular Object atau..mau tauuu aja semua detail dari suatu hal yang terjadi...bagi banyak orang KEPO selalu diartikan negatif sedangkan bagi saya itu adalah hal yang positif jika kepo tersebut bertujuan positif (sekali lagi saya tekankan 'menurut pikiran saya atau cara berpikir saya')
Saya mau membahas kepo yang positif..salah satunya adalah kepo saat anda bekerja..jika anda di bagian accounting..tidak ada salahnya anda belajar marketing sama staf pemasaran..anda belajar pajak sama staf/teman yang bekerja di bagian pajak..anda belajar leadership, cara mendirikan usaha dan manajemen sama bos anda..anda belajar cara kirim barang dan pergudangan sama orang warehouse dan kurir..anda belajar cara merawat kendaraan sama supir kantor anda..pokoknya anda KEPO BANGET! itu menurut saya tidak apa-apa asal rekan atau bos anda memang sedang tidak sibuk saat kepo anda kumat :) dan saya jadi tahu cara isi SPT PPH 21, 25 PPN dan PPH 23 serta mengerti istilah coly untuk menyebut box..lalu berapa ton..kg..kubik..liter..mililiter saat mengirim dan menghitung barang dagangan itu karena kekepoan saya :))
KEPO ini bergunaaaaaa banget saat rekan anda tersebut sakit, cuti atau keluar baik mendadak maupun tidak. Saya sudah mengalami hal ini berkali-kali..dulu, saat pengalaman kerja pertama saya, saya tidak mau tahu pekerjaan di bagian lain..dan saat teman saya di bagian lain tersebut sakit sehingga saya harus double job DANK! jadilah saya bengong dan panik..what should i do? i don't know anything about this job...KEPO INI JUGA BERGUNA JIKA/SAAT :
1. Rekan anda kerja setengah hati sehingga kerjanya amburadul dan agar pekerjaan anda tidak terkena dampaknya otomatis anda harus menghandle atau merapikan pekerjaan rekan anda tersebut, saran saya, jika anda menghadapi orang tersebut cukuplah anda ngomong sekali-tiga kali ke dia selanjutnya ada baiknya langsung anda handle sendiri, karena ngomong sama orang macam tu hanya bikin cape hati sendiri dan buang-buang waktu anda.
2. Anda tiba-tiba dipindahkan ke bagian lain,
3. Anda ditanya Konsumen, Pemasok, Perusahaan Ekspedisi atau Tamu Penting dari perusahaan lain tentang hal yang sebenarnya bukan bagian anda tapi rekan anda tersebut sedang diluar ruangan atau gak bisa jawab (atau bla..bla..bla..) dan otomatis anda (yang) harus menjawab/mempunyai jawaban untuk pertanyaan tersebut.
Jadi bagi saya..KEPO DALAM BEKERJA IS A MUST!sebuah keharusan!
Kepo seperti ini sudah terbukti ampuh bagi Bpk. Houtman Zaenal Arifin yang awalnya OB dan sekarang beliau sudah menjadi Vice President di Citibank (baca kisahnya disini), dulu sebagai OB, beliau KEPO BANGET SAMA ISTILAH PERBANKAN..dia bantu para karyawan yang kerja lembur sambil sering bertanya..dia tidak peduli diketawain..dibilang mau tau aja..direndahkan..dia tidak peduli hal itu dan dia terus kepo karena itu akan berdampak positif untuk dia..dia tau benar apa yang dia lakukan itu baik untuk dirinya..masa depannya...
karena itu kepo dalam bekerja tidak ada salahnya kan? kepo tidak selalu negatif kan? :)
Teruslah belajar..kalau kata Rasullullah SAW tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina hehe..jangan pedulikan orang bilang "kepo banget sih lo", yang tahu apa yang kita pikirkan hanya kita dan Allah..selama itu untuk hal positif..go ahead..tak perlu orang tahu atau harus selalu mengerti kita..biarkan mereka dengan jalannya dan kita dengan jalan kita..sabar, doa, usaha, istiqomah dan tawakal..InsyaAllah ada jalan untuk kita meraih kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat Amin, anda mau bahagia dunia dan akhirat..? dapatkanlah kasih sayang Allah..jika ingin disayang dan dimanja Allah, maka sayangilah dan manjakanlah Allah dengan mengikuti perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya selalu..simpel saja..kalau kita ingin naik gaji maka kinerja kita harus baik dan makin baik lagi dari hari ke hari kan?

-saya orang yang sangat kepo dan saya tidak malu mengakui hal itu-

Salam Sukses,

Sartika


4 comments:

  1. I have to agree. Kepo leads us to the next level of knowledge :)

    asal jangan kepo-in urusan orang sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Sarah,saya juga suka sekali postingan-postingan di blog kamu :)

      Delete
  2. Bagus sekali artikelnya.. terimakasih banyak sudah berbagi ilmu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Pak Yasin..mari kita terus menambah ilmu :) terima kasih sudah comment dan mampir ke blog saya :)

      Delete

I will truly appreciate if you put a comment ^v^